5 Jenis Bawang, Khasiat dan Manfaat Bawang Bagi Kesehatan Tubuh

5 Jenis Bawang, Khasiat dan Manfaat Bawang Bagi Kesehatan Tubuh - Semua orang tentu saja kenal bawang. Bukan hanya ibu rumah tangga yang setiap saat di dapur untuk memasak. Semua orang pasti tahu bawang yang merupakan salah satu bumbu dapur. Hampir disetiap resep masakan bawang selalu hadir baik dalam racikan bumbu, maupun sekedar penyedap dan pelengkap makanan seperti bawang goreng pada umumnya.



Sejauh mana kita mengenal jenis bawang dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh?

Bawang adalah tumbuhan yang memiliki umbi yang kecil, terdiri dari berlapis-lapis kulit dan mengandung aroma yang menyengat. Umbi bawang sangat sering dibutuhkan dalam sebuah bumbu masak. Tidak hanya umbi bawang, namun daun bawang juga sering digunakan untuk sebuah olahan makanan.

Salah satu keunikan bawang adalah menimbulkan rasa perih di mata saat kita mengupas atau mengirisnya. Kenapa bawang menimbulkan rasa perih saat dikupas? Penyebabnya adalah karena bawang mengandung senyawa berupa enzim allinase dan asam amino yang akan menyebar ke udara saat lapisan bawang diiris.

Bertemunya dua senyawa kimia ini akan menghasilkan senyawa baru yaitu asam sulfenat. Senyawa ini akan menimbulkan gas saat bertemu dengan enzim LF-sintase sehingga menyebabkan mata kita menjadi perih.

Bawang biasanya tumbuh dan banyak dibudidayakan oleh petani yang berada di daerah dataran rendah hingga berada pada ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut dengan kondisi yang cukup lembab dan memiliki kandungan air.

Secara umum kita sangat mengenal bawang merah dan bawang putih, namun ada beberapa jenis bawang yang perlu kita kenal dan sering digunakan dalam berbagai keperluan memasak atau untuk alasan kesehatan.
Berikut ini adalah jenis bawang dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari jenis-jenis bawang:

1. Bawang Merah
Bawang merah adalah pilihan utama dalam membuat bumbu masakan, pilihan terbaik untuk menjadi bawang goreng yang berguna sebagai penyedap dan pelengkap menu masakan.

Bawang ini memiliki umbi yang berwarna merah dan keunguan. Bawang merah dipercaya memiliki kandungan zat yang sangat berguna bagi tubuh kita seperti kalsium, zat besi dan vitamin C. Bawang merah diyakini berguna dalam peyembuhan gangguan kesehatan seperti demam, batuk dan kencing manis.


2. Bawang Putih
Selain bawang merah, bawang putih juga menjadi pilihan dalam membuat bumbu dapur dan bahan baku untuk membuat bawang goreng.

Umbi bawang yang satu ini berwarna putih dan memiliki berbagai kandungan zat yang berguna bagi kesehatan. Bawang putih dipercaya memiliki kandungan potassium, kalsium, vitamin A, B, C, dan zat antioksidan.

Bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh maupun sebagai penawar racun di dalam tubuh. Zat antioksidan yang terdapat pada bawang putih berguna mengurangi resiko serangan kanker dan menghambat laju proses penuaan tubuh kita. Jika rajin dikonsumsi bawang putih juga akan meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes, mampu menurunkan kolestrol darah, dan menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi.

3. Bawang Kucai
Bawang kucai atau biasa disebut dengan daun kucai ini memiliki daun yang panjang dan pipih. Sering dirajang dan diiris kecil saat digunakan sebagai pelengkap dan penyedap masakan.

Bawang kucai memiliki senyawa tetametiloksamida dan ester 17-etadekadesenil yang dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Senyawa ini memiliki khasiat sebagai antihipertensi.

4. Bawang Prei
Bawang prei adalah jenis bawang yang tidak memiliki umbi. Bawang prei memiliki batang yang besar dan tebal dengan daun yang panjang pipih. Terkadang terdapat rongga pada batangnya.

Selain sering digunakan sebagai pelengkap masakan, bawang prei juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bawang prei memiliki kandungan zat tanin, saponin, maupun minyak asiri. Zat ini berkhasiat untuk menyembuhkan sesak nafas, batuk, flu, dan mampu menghilangkan bengkak pada tubuh akibat digigit serangga atau karena bisul.

5. Bawang Bombay
Bawang bombay merupakan jenis bawang yang memiliki perpaduan bawang merah dan bawang putih. Dari bentuknya menyerupai bawang merah namun ukurannya lebih besar. Tetapi dari warna maupun aromanya menyerupai bawang putih.

Selain berguna menjadi bumbu dapur, bawang bombay memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika rajin dikonsumsi bawang bombay berguna untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menekan kolesterol darah. Bawang bombay juga dapat mencegah penggumpalan darah, hal ini dikarenakan bawang bombay memiliki kandungan allicin yang berfungsi sebagai antitrombotik.

Baawang bombay sangat baik dikonsumsi bagi yang memiliki gangguan penyempitan pembuluh darah dan bagi penderita hipertensi. Bawang bombay juga dapat menurunkan kadar gula penderita diabetes serta berguna dalam menurunkan resiko kanker.

Demikianlah 5 jenis bawang, khasiat dan manfaat bawang bagi kesehatan tubuh. Berbagai jenis bawang di atas sangat mudah kita temui di pasar tradisional maupun di supermarket. Meskipun bawang memiliki berbagai manfaat, khasiat bagi kesehatan tubuh, dan memiliki kandungan gizi, tetapi tidak semua orang suka mengkonsumsi bawang. Hal ini dikarenakan alasan aromanya yang cukup menyengat.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu suka bawang?
5 Jenis Bawang, Khasiat dan Manfaat Bawang Bagi Kesehatan Tubuh - 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.